Friday, March 9, 2012

10 Pengganti Teknologi Saat Ini



Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada pengunjung setia blog ini. Artikel ini sudah saya siapkan satu bulan yang lalu. Teknologi informasi saat ini berkembang sangat pesat dan beberapa perlatan TIK saat ini mungkin akan tergantikan dalam beberapa tahun ke depan. Berikut ini teknologi yang akan menggantikan teknologi yang kita pakai saat ini 

1. Televisi Digital
Di tahun 2017 nanti, pemerintah secara resmi akan menghentikan pemancar TV analog yang artinya kawan tidak akan melihat semut bergulat seperti gambar di atas di layar TV anda. Tetapi bagaimana dengan TV lama kita? TV lama masih tetap bisa digunakan dengan memasang Set Top Box (mirip receiver parabola) dan dihubungkan ke antena UHF lama kawan.
Dengan TV digital anda akan melihat gambar yang sebening kristal di layar TV kawan. Apakah harus menunggu tahun 2017 untuk menikmati TV digital? Tidak, sekarang pun bisa, di beberapa kota besar di indonesia sudah pindah ke digital atau dengan memasang parabola atau dengan TV berlangganan yang menyajikan channel – channel berkualitas.

2. 4G atau LTE (Long Term Evolution)
Secara garis besar teknologi 3G ataupun 3,5G (HSDPA) belum meng-cover seluruh Indonesia, akan tetapi beberapa operator telekomunikasi seperti Telkomsel dan Indosat sudah siap berpindah ke 4G (LTE). Beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura sudah berpindah ke 4G. Pada tahun 2014 nanti kawan sudah siap merasakan kecepatan koneksi internet 4G dengan kecepatan 14 Mbps (teoritis) dan menggunakan kanal 2300 MHz.

3. Tablet PC
Mungkin beberapa tahun ke depan semua pegawai kantor, penyiar berita ataupun kawan juga sudah menggunakan yang namanya Tablet PC, saya juga menggunakan hehehe….. Saat ini saya sendiri juga sering blogging dengan Samsung Galaxy Tab milik saya, karena sifatnya yang ringan, mudah dibawa-bawa, tidak membutuhkan tempat cukup dengan satu tangan saja, dan cara mengoperasikannya juga sangat mudah cukup dengan jari kawan. Yah mungkin beberapa tahun lagi laptop saya bakalan nganggur nih.. Tekonolgi yang dihadirkan di Tablet PC ini ini cukup lengkap seperti komputer biasa. Dengan operating system Android atau iOS yang mendukung banyak aplikasi kantor, game, kedokteran, dan lain-lainnya.

4. The HydroPak
UPS mungkin mulai akan tergantikan oleh alat yang bernama The HydroPak ini, kawan tinggal memasukkan air ke dalamnya dan kawan bisa mengisi baterai laptop, HP atau menyalakan komputer. Kawan berminat memilikinya?? 

5. TV Satelit Digital Generasi Kedua atau DVB-S2 (mpeg-4)/ HD
Gambar di atas merupakan salah satu receiver DVB-S2 atau HD yang terbaik (Topfield SRP-2410). Sekarang pun beberapa channel Indonesia baru di satelit Palapa D atau Telkom 1, sudah menggunakan format DVB-S2 (generasi ke dua(mpeg-4 atau HD)) seperti Kompas TV atau Jogja TV. Receiver yang harganya di bawah 300 ribuan juga belum ada yang DVB-S2 (HD) rata-rata harga segituan paling dapat yang mpeg-2 seperti punya saya (masih ketinggalan jaman yah..). Meskipun di Eropa masih ada channel yang analog (seperi di satelit Astra 1KR) di indonesia sendiri para penghobi satelit sudah banyak yang menggunakan receiver HD ini, atau salah satunya kawan juga??. Dengan harga yang tergolong mahal, paling murah 600 ribuan (kalau receiver seperti gambar di atas sih.. 1 juta nggak dapat paling..) tapi dengan gambar yang lebih tajam dan gerakan lebih halus, kalau suara menurut saya sama saja. Siapkah kawan menggunakan receiver DVB-S2 ini??

6. Mobil Hybrid
Beberapa pabrikan mobil terkenal di dunia sudah merilis mobil kosep dengan behan bakar hybrid (campuran penggunaan BBM dan Listrik) yang tentunya lebih ramah lingkungan dan hemat energi. Selain itu kawan tidak perlu mengisi batere mobil ini dengan charger konvensional, cukup dengan generator yang dihubungkan ke mesin mobil. Di dunia, mobil hybrid ini belum diproduksi secara massal, dan harganya pun masih tergolong tinggi. Kawan berminat memiliki mobil hybrid ini?

7.  Smartphone

Kecanggihan tekonogi saat ini menyebabkan pengguna handphone beralih menggunakan smartphone. Yah.. segudang fitur yang disajikan oleh pabrikan Smartphone membuat beberapa orang (termasuk saya hehehehe… mungkin kawan juga???) terbius untuk membeli smartphone. Beberapa pekerjaan kantor pun juga dapat diselesaikan dengan smartphone ini. Beberapa pabrikan smartphone seperti BlackBerry, Apple, Samsung, dan HTC pun berlomba – lomba mengeluarkan produk mereka yang terbaik seperti Apple dengan iPhone 4S, Samsung dengan Galaxy S II. Kawan tertarik untuk memiliki salah satunya ???

8. DVD Player
Beberapa tahun yang akan datang mungkin VCD player akan punah, pada saat ini sudah jarang orang yang menggunakan VCD Player untuk home entertainment, kebayakan dari kita (termasuk saya) sudah menggunakan DVD player untuk home entertainment karena gambar yang dihasilkan cukup baik dari VCD dan jika memutar 1 filmyang durasinya sekira 2 ja,, cukup dengan 1 keping, tidak seperti VCD yang membutuhkan 2 keping untuk 1 film yang durasinya kira-kira 2 jam. Karena keunggulan itu VCD player mulai ditinggalkan. Bahkan sekarang DVD player sudah ada yang support Blu-Ray Disc dan port HDMI yang menghaasilkan gambar HD sampai 3D (3D hanya dapat dinikmati dengan TV 3D juga)

9. Printer Laser
Printer yang satu ini menyuguhkan resolusi yang lebih tinggi yakni 600 dpi (dots per inch) daripada printer Inkjet yang hanya 300 dpi. Dulu printer ini digunkan untuk mencetak foto, tetapi pada saat ini digunkan untuk kalangan rumah tangga dan perkantoran. Dibandingkan dengan printer inkjet, printer laser lebih cepat dalam mencetak dokumen atau gambar, dari segi hargapun printer laser jauh lebih mahal, tetapi dengan kualitas cetak yang jauh lebih baik

10. Online Storage
Kawan, terkadang data yang disimpan di PC kita hilang, entah itu karena terhapus atau terserang virus, atau juga data kawan hilang setelah komputer diinstal ulang, jika pernah mengalaminya tentu kawan akan secara teratur mem-backup data kawan ke media lain seperti online storage atau penyimpanan data secara online. Penyimpanan online sering dipilih karena kapasitas yang jauh lebih besar dibanding harddisk PC kita, dan lebih aman dari serangan virus, jika PC anda terserang virus dan diinstal ulang, kawan dapat mengunduhnya kembali, cara menggunakannya cukup mudah yakni, kawan tinggal mendaftar ke salah satu server online storage seperti Mediafire, Indowebster atau yang lainnya, dan upload data – data yang dianggap penting dan pasang password di file yang anda upload agar tidak dapat di-download orang lain. Jika anda membutuhkannya anda dapat men-download-nya kembali

Yah. mungkin hanya sedikit saja yang bisa saya bagikan disini, Sekian dan Terima Kasih

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa untuk tinggalkan komentar kawan. Jangan lupa follow blog-nya dan like facebook-nya yah... Sedikit komentar sangat penting untuk kemajuan Blog ini. Mohon jangan SPAM