Thursday, November 10, 2011

Cara Memperkuat Sinyal Modem USB (GSM dan CDMA)

Assalamu'alaikum wr. wb.


Bagi para netter keberadaan modem sangatlah penting, termasuk saya hehe... 
kalau modem USB kawan semua tangkapan sinyalnya kurang baik dan modem tersebut tidak dilengkapi socket / colokan antena eksternal saya bagi tips saya berikut ini. Oh ya tips saya ini bisa digunakan untuk memperkuat sinyal GPRS, EDGE, UMTS/WCDMA/3G, HSDPA, EVDO, CDMA 1x. Peristiwa ini berawal saat sekitar jarak 500 meter dari rumah saya ponsel saya menangkap sinyal 3G/WCDMA kalau di rumah saya modem saya hanya mendapat sinyal GPRS atau EDGE yah, lemuuootnya minta ampun. Saya googling kesana kemari akhirnya saya menemukan cara yang satu ini, karana modem saya ngak ada colokan antena eksternal ya saya pakai cara ini. Kalau begitu kita bahas topik utama artikel ini :


Siapkan alat dan bahan berikut ini

  • Kawat tembaga dengan panjang > 2 m, 4 m recomended, bisa dari bekas kabel antena TV atau bekas kabel telepon baru juga tak apa-apa, tapi please Go Green Bro !!
  • Ampelas secukupnya
  • Yang terpenting modem USB

Langkah-langkah pembuatan :


  1. Gosok ujung kawat tembaga sepanjang +- 5cm dengan ampelas
  2. Lilitkan kawat dengan bagian yang sudah diampelas tadi melilit konektor USB, kan ada sisa besi yang berwarna putih pada konektor USB tersebut dililit kawat 

4.  Pasang ujung kawat yang lainnya pada tempat yang tinggi misalnya 
     pasang di tiang antena tv
5.  Bandingkan hasilnya
Sebelum
Sesudah

Meskipun hasilnya tidak terlalu signifikan tapi hasinya cukup memuaskan


1 comment:

  1. Bisa juga di lilitkan pada body Modem USB, bisa juga tanpa di ampelas hingga terlihat bagian dalam kabelnya juga.

    ReplyDelete

Jangan lupa untuk tinggalkan komentar kawan. Jangan lupa follow blog-nya dan like facebook-nya yah... Sedikit komentar sangat penting untuk kemajuan Blog ini. Mohon jangan SPAM